Selasa, 25 November 2014

Keburukan VS Keindahan


KEBURUKAN VS KEINDAHAN
Keburukan dan keindahan merupakan dua hal yang saling bertolak belakang. Keburukan itu sesuatu yang paling kita hindari dan jangan sampai sesuatu yang buruk itu menimpa diri kita. Contohnya kehilangan barang kesayangan ataupun kehilangan seseorang yang kita cintai. Sedangkan keindahan itu adalah sesuatu yang menarik jiwa, menarik hati, menarik perhatian kita. Contohnya pemandangan alam, bunga-bunga di taman, dan lain sebagainya.
Terkadang manusia menafsirkan sebuah keburukan dan keindahan hanya pada sesuatu hal yang terlihat saja. Bahkan ketika Allah memberikan sebuah keindahan melalui sebuah keburukan maka yang terlihat hanyalah sebuah keburukan. Contohnya, ketika kita kehilangan sebuah benda yang kita sayangi ataupun kehilangan seseorang yang kita cintai. Mungkin kita sebagai seorang manusia, merasakan kehilangan barang ataupun seseorang itu adalah sebuah keburukan. Namun kita harus mengingat bahwa keindahan dan keburukan itu sifatnya relatif. Bisa jadi kita menganggapnya itu adalah sebuah keburukan, namun di sisi lain itu adalah sebuah keindahan. Ya..ada sebuah keindahan yang lebih yang telah Allah persiapkan untuk diri kita. Karena pada hakikatnya adalah ketika Allah mengambil salah satu nikmat-Nya dari kita, maka Allah pun akan menggantikannya dengan yang lebih baik dari sebelumnya. Allah sungguh Maha Adil, Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
Semua hal yang ada di dunia ini adalah milik-Nya. Lantas apa yang membuat kita merasa buruk ketika Allah mengambil sesuatu dari kita?. Bukankah kita sebagai manusia, barang yang kita miliki, harta, keluarga, teman, sahabat, kerabat, dan semua yang ada di dunia ini hanyalah sebuah titipan dari-Nya? Lantas ketika sang pemilik yang sesungguhnya datang mengambil kembali barang titipannya, apakah kita merasa bahwa itu adalah sesuatu yang buruk? Tentu saja tidak kawan. Malulah kita terhadap Allah yang telah menganugerahkan begitu banyak nikmat-Nya kepada kita. Karena setiap nikmat yang telah Allah ambil dari kita, maka Allahpun akan menggantikannya dengan sesuatu yang lebih indah, yang jauh lebih kita butuhkan, dan bukan sesuatu yang kita inginkan.
Tak selamanya keindahan itu indah, dan juga tak selamanya keburukan itu buruk. Adakalanya keindahan itu hanya untuk menutupi keburukan, dan adakalanya juga keburukan itu hanya untuk menutupi keindahan. Terkadang keindahan itu muncul karena adanya keburukan, dan terkadang juga keburukan muncul karena ada keindahan. Seringkali keindahan itu membawa keburukan, dan seringkali juga keburukan membawa keindahan. Tak selamanya keindahan itu indah, dan tak selamanya keburukan itu buruk. Terkadang keindahan menghapus keburukan, dan terkadang juga keburukan menghapus keindahan. Adakalanya keindahan dan keburukan menyejukkan mata, dan adakalanya juga keindahan dan keburukan memedihkan mata. Seringkali keindahan dan keburukan membuat hati luka, dan seringkali juga keindahan dan keburukan membuat hati buta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar