Selasa, 27 Januari 2015

Theory Of The Firm: Managerial Behavior, Agency Costs And Ownership Structure Michael C. Jensen and William H. Meckling (1976)

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya berbagai upaya yang telah dibuat untuk membangun teori perusahaan dengan menggantikan model lain untuk memaksimalkan keuntungan atau nilai, ternyata belum memadai untuk menjelaskan perilaku manajerial di perusahaan besar. Selanjutnya beberapa upaya reformulasi telah menolak prinsip dasar memaksimalkan perilaku serta menolak model memaksimalkan keuntungan yang lebih spesifik.
Jurnal ini merupakan jurnal yang mengintegrasikan elements dari teori keagenan, teori kepemilikan, dan teori keuangan untuk mengembangkan teori struktur kepemilikan perusahaan. dalam jurnal ini juga menjelaskan hubungan keagenan di dalam teori agensi (agency theory) bahwa perusahaan merupakan kumpulan kontrak antara pemilik sumber daya ekonomis (principal) dan manajer (agent) yang mengurus penggunaan dan pengendalian sumber daya tersebut.
Jensen dan Meckling mendefinisikan konsep biaya agen (agency costs), menunjukkan hubungannya dengan masalah pemisahan & kontrol, menyelidiki sifat dari biaya agen yang dihasilkan oleh hutang dan diluar ekuitas, menunjukkan siapa yang menanggung biaya dan mengapa. Hubungan keagenan ini mengakibatkan 2 permasalahan adanya Information Asymmetry dan Conflict of interest. Masalah agensi ini terjadi antara principal & agent berasal dari pemisahan kepemilikan dan pengawasan. Agency cost terdiri atas iga bagian yaitu monitoring cost, bonding cost dan residual loss.
Monitoring cost merupakan biaya yang timbul dan ditanggung oleh principal untuk memonitor perilaku agent, yaitu untuk mengukur, mengamati, dan mengontrol perilaku agent. Misalnya mengurangi aliran kas bebas dengan meningkatkan hutang & distribusi kas ke pemegang saham melalui dividen atau pembelian kembali saham. Bonding cost merupakan biaya yang  ditanggung oleh agent untuk menePATkan dan mematuhi mekanisme yang menjamin bahwa agent akan bertindak untuk kepentingan principal. Misalnya meningkatkan pembayaran dividen dan jumlah hutang. Sedangkan residual loss merupakan Pengorbanan yang berupa berkurangnya kemakmuran principal sebagai akibat dari perbedaan keputusan agent dan keputusan principal.
Disini ada beberapa faktor yang mempengaruhi ukuran divergence yaitu Agency costs yang juga  tergantung pd pembiayaan pengukuran kinerja agent, evaluasi kinerja agent, planning costs, penerapan indeks untuk kompensasi agent yang berkorelasi dengan kesejahteraan principal, dan biaya penentuan kebijakan, serta pasar, peningkatan penggunaan hutang dapat mengurangi masalah agensi antara manajer dengan pemegang saham. Semakin besar tingkat insider ownership suatu perusahaan, maka semakin tinggi tingkat keselarasan (alignment) dan kemampuan kontrol terhadap kepentingan antara manajer dengan pemegang saham.
Dalam artikel ini  ditemukan bahwa agency costs muncul karena principal ingin memastikan apakah agent mengambil keputusan yang sesuai dengan kepentingannya. Untuk mencapai maksud itu, principal dapat menggunakan insentif kompensasi dan melakukan monitoring (monitoring cost). Sebaliknya manajer jg akan termotivasi untuk memberikan jaminan kepada principal (bonding cost). Adanya perbedaan keputusan agen dengan keputusan yang menghasilkan manfaat maksimal bagi principal. Perbedaan nilai keputusan ini disebut Residual Loss. Agency Cost adalah total monitoring cost, bonding cost dan residual cost. Untuk mendapatkan hal di atas maka harus memanfaatkan kemajuan terbaru dalam teoriseperti (1) property rights, (2) agency, (3) finance, untuk mengembangkan teori struktur kepemilikan bagi perusahaan. Selanjutnya yaitu dengan mengikat berbagai elemen dari ketiga teori dengan cara mengembangkan teori secara bertahap. Awalnya menganalisa biaya agensi dari ekuitas dan hutang. Ini adalah dasar utama dari teori. Serta memberikan sintesis dari konsep dasar ke dalam teori struktur kepemilikan perusahaan yang mempertimbangkan tradeoff antara inside dan outside equity dan hutang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar